rumah dengan genteng multiroof bagus

Cara Hitung Kebutuhan Genteng Multiroof Pasir

Genteng multiroof bagus yang mampu menahan berisik suara air hujan menjadi penyempurna kelemahan genteng metal pada umumnya. Sehingga banyak diminati. Nah, berikut ini adalah tips mengenai garis besar cara menghitung perkiraan kebutuhannya secara sederhana.

Rencana Atap

Sebagai contoh rencana atap adalah panjangnya 9 meter dengan lebar 6m. Dengan begitu maka luas atapnya adalah 9 m x 6 m = 54 m. Tingkat kemiringan genteng direncanakan adalah 30 derajat, dengan batas pada masing-masing sisinya adalah 1 m. Sedangkan 1,68 lembar genteng metal pasir akan digunakan untuk menutup atap seluas 1 m.

Cara Hitung Kebutuhan Genteng I

Berikut ini adalah langkah cara menghitungnya.

Tahap Pertama

Hitung Ukuran Total Luas permukaan atap secara total. Caranya adalah dengan menghitung luas permukaan atap ditambah dengan batas luar masing-masing sisi genteng multiroof bagus. Rumusnya adalah (Panjang + batas sisi) x (Lebar + batas sisi). Dalam hal ini contohnya adalah sebagai berikut.

9 m + (1 m + 1 m) x 6 m + (1 m + 1 m) = 11 m x 8 m = 88 meter.

Tahap Kedua

Masukkan derajat kemiringannya. Cara perhitungannya adalah luas total permukaan  atap dibagi dengan cos derajat ketinggian genteng. Sehingga menjadi sebagai berikut. 88 meter / cos 33 derajat =  88 m / 0,839 = 104,9 lembar

Tahap Ketiga

Kalikan luas total atap dan cos kemiringannya dengan lembaran genteng per meternya. Sehingga menjadi sebagai berikut.

104,9 x 1,68 lembar = 170 lembar

Lalu tambahkan sekitar 10 lembar sebagai cadangan jika ada pembaran genteng yang rusak dan kurang. Sehingga dengan demikian maka total kebutuhan gentengnya adalah 170 lembar + 10 lembar = 180 lembar.

Tahap Keempat

Hitung jumlah genteng pada titik tengah permukaan atap. Contohnya adalah sebagai berikut.

9 m + (1 m + 1 m) = 11 m / 0,8 cm = 14 buah. Angka pembaginya disesuaikan dengan ukuran genteng yang dipergunakan.

Perlu diketahui bahwa di pasaran terdapat sekitar dua ukuran genteng multiroof bagus pasir, yaitu ukuran 77 cm x 80 cm dengan ketinggian gentengnya 0,25 mm dan ukuran yang lebih besar, yakni 85,5 cm x 40 cm dengan ketinggian gentengnya 0,35 mm.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *