menghitung harga genset kecil

Apa itu Genset dan Fungsinya

Pernahkah Anda melihat ada bangunan yang tetap menyala saat terjadi pemadaman listrik padahal di sekitarnya gelap gulita? Misalnya saja gedung rumah sakit, pusat perbelanjaan, pertokoan, dan lain-lain.

Lalu kenapa gedung-gedung ini tetap terang meski listrik padam? Ternyata di gedung-gedung tersebut terdapat benda-benda ajaib yang bisa menghantarkan listrik, yaitu genset 100 kva. Perlu kita ketahui juga harga genset kecil seperti 100 kva. Genset menjadi utilitas penunjang penyediaan listrik apabila terjadi pemadaman listrik pada suatu wilayah/area tertentu.

Apa itu Genset?

Generator listrik pertama kali  ditemukan Michael Faraday pada tahun 1831. Generator  pertama pada masa itu adalah gulungan kawat besi berbentuk huruf “U”. Generator ini dikenal sebagai Generator Cakram Faraday.

Generator  menggunakan induksi elektromagnetik untuk memutar kumparan dalam medan magnet, menghasilkan energi induktif. Generator terdiri dari dua komponen utama: Sator (bagian  diam) dan Rotor (bagian  bergerak). Rotor dihubungkan dengan poros generator dan berputar pada pusat stator. Poros generator kemudian diputar oleh gaya luar, biasanya dari kincir air atau turbin uap.

Genset adalah perangkat yang menghasilkan energi listrik, dan mesinnya disuplai oleh dua perangkat  berbeda. Perangkat tersebut adalah  mesin dan generator atau alternator.

Genset merupakan salah satu alat penting untuk menunjang penyediaan listrik, terutama di daerah yang distribusi listriknya kurang optimal.

Fungsi Genset

Terdapat beberapa fungsi yang dimiliki genset, yaitu di antaranya:

  1. Sumber Daya Listrik Darurat

Generator dapat digunakan sebagai  daya listrik darurat terutama untuk pelayanan publik seperti rumah sakit, sehingga peralatan medis dapat digunakan dalam situasi darurat.

  1. Sumber Daya Cadangan Listrik

Fungsi genset selanjutnya adalah sebagai sumber listrik cadangan untuk rumah atau tempat usaha Anda. Jika rumah  atau tempat usaha Anda sering mengalami pemadaman listrik, memasang genset mungkin merupakan investasi yang baik.

Misalnya pabrik konveksi membutuhkan listrik dalam jumlah besar untuk produksinya dan tentunya jika terjadi pemadaman listrik, tersedia listrik  alternatif untuk menjamin kelangsungan produksi guna meningkatkan keuntungan yang dicapai.

  1. Sumber Listrik untuk Keperluan

Genset  juga dapat menyediakan daya tambahan. Hal ini sangat penting jika Anda ingin menyelenggarakan suatu acara namun pasokan listrik yang tersedia tidak cukup untuk memberi daya pada berbagai perangkat untuk acara tersebut.

Harga Genset Kecil dan Besar

Harga generator set umumnya sangat bervariasi. Hal ini biasanya tergantung dari kapasitas daya, merk, jenis, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebelum Anda berencana membeli genset maka sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu harga pasarannya saat ini.

Harganya bisa mulai dari satu jutaan hingga ratusan juta. Salah satunya contohnya, harga genset kecil 100 KVa Perkins Silent Type yang dibandrol 365 juta rupiah.

Sebelum membeli di toko genset terdekat, maka Anda harus menghitung kebutuhan daya listrik. Dengan begitu, Anda dapat memilih genset yang tepat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *