Ilustrasi genset portable

9 (Sembilan) Tips memilih Genset Portable

Genset portable meskipun cenderung lebih mahal harganya namun itu sebanding dengan keunggulannya. Sehingga banyak yang tertarik untuk memiliki dan menggunakannya. Namun perhatikan beberapa tips berikut ini dalam memilihnya.

Daya yang Dibutuhkan

Genset portable bermacam-macam kapasitasnya. Sesuaikan dengan kebutuhan. Hitung total daya (watt) dari seluruh peralatan yang akan digunakan pada saat bersamaan. Lalu pilih genset dengan kapasitas daya yang cukup untuk menangani beban tersebut dengan patokan 1 kVA setara dengan 0,8 kW atau 800 Watt.

Portabilitas

Perhatikan ukuran berat dan dimensi genset. Pastikan genset mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan roda serta pegangannya kokoh.

Bahan Bakar

Lalu perhatikan bahan bakarnya. Pilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan preferensi dan ketersediaan di lingkungan sekitar. Pada umumnya bahan bakar bahan bakarnya adalah bensin, atau diesel, atau gas. Pertimbangkan efisiensi bahan bakar dan ketersediaannya.

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

Cek kapasitas tangki bahan bakarnya. Kapasitas tangki yang lebih besar akan memungkinkan genset dapat beroperasi lebih lama tanpa perlu sering mengisi bahan bakar.

Durability dan Kualitas Konstruksi serta Desain

Pastikan genset dibuat dari bahan material yang berkualitas tinggi serta tahan lama. Sehingga bisa awet dan memiliki umur pakai yang panjang. Desainnya juga ringkas dan praktis serta mudah penggunaannya, serta cukup ergonomis. Roda atau pegangan yang dapat dilipat dapat menambah kemudahan dalam mobilitas.

Kebisingan

Coba tes dan nyalakan genset portable yang akan dibeli. Hal ini guna mengetahui tingkat kebisingannya.

Fitur Keamanan

Pastikan genset dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti pelindung beban berlebih atau overloading, dan proteksi terhadap korsleting, juga sistem shutdown otomatis pada suhu berlebih, serta indikator level bahan bakar. Fitur-fitur tersebut dapat membantu mencegah kerusakan genset dan memberikan keamanan tambahan.

Garansi dan Layanan Purna Jual

 Periksa garansi yang diberikan. Pilih yang paling lama jangka waktunya. Cek juga dukungan purna jualnya serta ketersediaan suku cadang yang mudah didapatkan. Ini akan memudahkan perawatan serta perbaikan genset jika diperlukan

Harga

Genset portable biasanya harganya cenderung lebih mahal. Sesuaikan dengan besarnya anggaran yang tersedia. Jika jeli dan teliti maka bisa menemukan merk yang belum terkenal namun dengan kualitas yang sama bagusnya.

Perhatikan beberapa hal tersebut pada saat hendak membeli genset portable.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *