sebelum cetak kartu nama

4 Tips Mudah Cetak Kartu Nama Profesional

Pentingnya membuat kartu nama sebagai salah satu tanda pengenal dan identitas suatu individu maupun perusahaan, seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak wajib untuk dimiliki. Padahal dengan adanya cetak kartu nama, dapat memberikan manfaat untuk menjalin kerjasama dengan pihak atau instansi lain.

Manfaat dan fungsi kartu nama pribadi

  1. Pengenal identitas diri

Fungsi utama dari adanya kartu nama adalah sebagai tanda pengenal atau kartu untuk mengenalkan profil diri kepada lawan bicara. Dengan bantuan informasi yang tercantum pada kartu nama membuat lawan bicara anda dapat mengetahui informasi penting mengenai diri anda seperti status pekerjaan, nama lengkap, alamat, nama perusahaan, dan lainnya.

  1. Personal branding

Selain sebagai tanda pengenal, dengan cetak kartu nama dapat anda gunakan sebagai personal branding. Pentingnya personal branding bagi seorang pebisnis, sebagai salah satu cara untuk membangun kepercayaan serta menjalin kerjasama dengan pihak lain yang menguntungkan. Melalui kartu nama, anda dapat melakukan personal branding dengan gaya yang lebih eksklusif.

  1. Terlihat professional

Dengan kartu nama, semua informasi penting berkaitan dengan pekerjaan akan tercantum dengan jelas mulai dari nama perusahaan tempat bekerja, jabatan anda, dll. Ketika lawan bicara anda mengetahui hal tersebut, anda akan terlihat lebih professional.

Tips membuat kartu nama profesional

  1. Font yang beragam dan teratur

Untuk membuat kartu nama anda lebih menarik dan terlihat professional, pastikan desain kartu anda memiliki font dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga pas untuk dibaca dan dapat memberikan informasi yang jelas. Baiknya anda perlu menghindari penggunaan font yang terlalu banyak, dengan maksimal 2-3 jenis font dalam kartu nama.

  1. To the point

Maksud dari to the point adalah berikan informasi singkat namun berkualitas. Jangan memberikan informasi yang terlalu panjang pada kartu nama anda. Mengingat ukuran cetak kartu nama cukup kecil berkisar 9cm x 5cm saja, membuat terbatasnya ruang pada media.

  1. Layout yang teratur

Dalam pemilihan desain kartu nama sudah tentu harus memperhatikan layout desain yang baik. Hal tersebut bertujuan untuk membuat kartu nama anda lebih enak dilihat dan dibaca. Buat saja desain sederhana dengan layout yang rapi dapat menambah kesan kartu nama lebih professional.

  1. White space

Jangan buat desain yang terlalu penuh, berikan white space atau ruang kosong pada kartu nama sehingga dapat memberikan lawan bicara lebih fokus pada tulisan yang ada.

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan manfaat dari cetak kartu nama yang perlu anda ketahui. Dan juga tips dalam membuat kartu nama agar tampak lebih profesional dengan desain sederhana dan penyampaian informasi jelas berdasarkan fakta.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *