pipa besi berwarna putih

Selain Pengelasan, Ini 3 Metode Penyambungan Pada Pipa Besi Galvanis

Pipa besi berbahan galvanis kerap digunakan pada pembangunan konstruksi untuk bagian luar ruangan hingga sambungan sistem aliran air bersih salah satu contohnya adalah pipa besi sch 40. Pada tahap penyambungannya, metode las adalah yang sering diterapkan. Namun, masih ada cara-cara lain yang dapat Anda sesuaikan seandainya pengelasan bukan proses yang diperlukan.

  1. Metode threaded
  2. Metode ini dilakukan dengan menghasilkan uliran pada ujung kedua pipa galvanis yang hendak disatukan. Anda akan menemukan threaded sebagai teknik penyambungan pada instalasi saluran air minum. Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan adalah prosesnya yang mudah dan kemungkinannya menimbulkan percikan api terbilang rendah.Meski begitu, ada kekurangan yang perlu diantisipasi saat mengaplikasikan metode threaded. Misalnya berkurangnya ketebalan pada pipa, terutama di bagian ujung. Pada jangka panjang, pipa galvanis akan rentan bocor.
  1. Metode flange

Berencana menyambungkan pipa galvanis secara temporer? Anda dapat menggunakan metode flunge yang memakai alat bantu untuk mengencangkan sambungan pipa untuk sementara waktu. Hal ini akan memudahkan proses pembongkaran pada pipa besi sch 40 saat sudah tak digunakan tanpa menimbulkan kerusakan dan risiko berbahaya lainnya.Pada tahapannya, metode flunge diawali dengan menempelkan ujung-ujung pipa galvanis untuk kemudian diikat. Setelah itu, sambungan pipa akan dikencangkan menggunakan baut. Pemakaian baut dianggap lebih praktis untuk sambungan yang sifatnya temporer.

  1. Metode spigot

Satu lagi metode yang dapat dilakukan selain pengelasan pada sambungan pipa galvanis adalah spigot. Caranya pun terbilang sederhana, yakni dengan memasukkan salah satu ujung pipa ke ujung pipa lainnya. Artinya, diameter pipa yang Anda gunakan untuk metode ini harus berbeda, tetapi tak terlalu longgar maupun sempit untuk mencegahnya terlepas. Kemudian untuk menekan risiko kebocoran, Anda perlu merapatkan ujung kedua pipa yang akan disambungkan. Pada tahap ini umumnya ada paku rivet yang dipasangkan pada kedua ujung pipa yang kemudian direkatkan semaksimal mungkin. Sekilas, metode-metode di atas terdengar mudah. Namun kalau Anda belum berpengalaman, gunakan teknisi profesional yang terlatih menyambungkan pipa besi sch 40 dengan lapisan galvanis sesuai kebutuhan dan biaya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *